tiket mudik


Sekitar hari Jumat, hampir dua pekan yang lalu, saya dan suami sepakat membeli tiket kereta yang ditawarkan yang di tawarkan di sebuah situs jual beli besar. Tiket yang sudah terdeal adalah dua kursi tiket kereta Sawunggalih Jakarta-Purwokerto untuk keberangkatan 16 Agustus 2012 pagi.

Ada beberapa hal yang sempat membuat kami ragu, tetapi karena kebetulan kami berdua sama2 sering online shopping dan memang selama ini tidak pernah tertipu, maka kami yakinkan diri. Diantara hal yang meragukan adalah:

  1. Sistem pembelian tidak COD (Cash on Delivery), tetapi barang dikirim setelah uang ditransfer (padahal si penjual ini berada di Jakarta). Maka uang yang ditransfer untuk tiap-tiap tiket harus ditambah biaya pengiriman sebesar Rp. 10.000
  2. Penawaran yang tertulis di situs untuk tiket yang kami inginkan tsb adalah @Rp 300.000. Ketika kami konfirmasikan kembali by sms, katanya harganya Rp 400.000. Tidak konsisten dan terkesan mencari untung, bukan karena mengoper tiket yang tidak jadi terpakai. Tetapi setelah dilakukan tawar menawar lanjutan, akhirnya tetap bisa @Rp 300.000.
  3. Balasan sms untuk pertanyaan ‘kapan tiket akan dikirim’ adalah ‘tiket masih diproses di PT KAI, akan diinformasikan kembali paling lambat hari Senin’. Aneh, padahal tiket yang resmi di KAI ataupun di agen2 sudah lama habis. Ya okelah kami berpositif thinking bahwa mereka mengurus perubahan data pemegang tiket. Apalagi hari seninnya mereka mengirimkan sms bahwa tiket atas nama kami sudah dikirim dan dalam 2×24 jam akan bisa diterima. Ya, baiklah, kami meyakinkan diri. (Harusnya kami tetap ragu ya karena mereka tidak memberikan nomer resi pengiriman).
  4. Setelah sms itu kami terima, nomer tersebut tidak bisa dihubungi, dan post yang di situs tsb sudah dihapus.

Pelajarannya untuk saya : perlu lebih berhati-hati dalam belibeli online, dan mungkin kurang bersedekah 🙂

Oiya, sampai saat ini saya belum pegang tiket untuk mudik ke cilacap, kalo ada yang punya tiket kereta kesana dan sekitarnya yang tidak jadi digunakan, tentu akan sangat membantu saya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s