berita-berita

belakangan, saya makin eneg tiap kali buka facebook. sebenernya udah dari dulu sih, tapi ga bisa move on juga :D. Iya sih, namanya status, ya suka-suka yang bikin. tapi kalo tidak mengharapkan dibaca orang ya disetting aja privasinya. Atau tulis di buku diary kan aman, haghag.

hujat menghujat, sindir menyindir, uh. suatu waktu tetiba banjir status ngeshare apaa gitu. beberapa saat kemudian berombongan pula yang nyindir itu beritanya bener tidak. begitu seterusnya berlanjut dari satu berita ke berita lain. ada yang tidak bisa menahan diri dari ngeshare berita sensitif, ada yang tidak bisa menahan diri untuk membuktikan lawannya ‘sembarangan comot berita’.

mereka-mereka yang tidak bisa menahan diri ini sebenarnya punya niat baik, mereka peduli dengan sesuatu (seringnya agama) dan ingin menjaganya dari musuh-musuhnya, atau mereka ingin berbagi suatu hikmah kebaikan. keimanan mereka sensitif, hati mereka cepat tergugah. konon katanya, orang-orang yang tidak segera peduli dengan permasalahan umat, imannya dipertanyakan. tetapi sayangnya, mereka yang peka ini banyak tidak mengecek kebenaran berita tersebut.

pun saat berbagi berita berhikmah. apakah hikmah kebaikan bisa disampaikan melalui berita yang direka-reka? ini pernah terjadi ketika orang beramai-ramai membagi status tentang restauran di Jerman yang mendenda pelanggan yang tidak menghabiskan makanannya. berita ini berhikmah, tapi tidak benar.

dan mereka-mereka yang berbuat sebaliknya, yang segera mencounter isu berita, saya berdoa semoga niat mereka benar, niat mereka ingin meluruskan, niat mereka adalah ingin menjaga kebaikan dari cara-cara yang tidak benar, bukan karena ingin menjatuhkan lawannya, bukan karena ingin membuktikan pihak yang notabene ‘lawannya’ salah dan dirinya benar, bukan untuk ingin mengatakan ‘tuh kan’.

sudahlah, saya memang tidak mengerti.

#ditulis masih sambil buka facebook

Advertisements

9 thoughts on “berita-berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s