Cerita tentang toilet training

Rekan2 blogger yg budiman, mohon maaf kalo sekiranya postingan saya melulu tentang anak. Semata2 krn ingin mendokumentasikan perkembangan anak, tidak ada niatan sama sekali untuk menunjukkan diri, atau niat biar dibaca orang, atau biar dianggap bagaimana2, dan sebagainya.

Terhitung sejak 10an hari lalu, saya mulai mengajari anak ke toilet untuk menunaikan hajatnya (toilet training – lepas popok/diaper). Di usianya yg 17,5 bulan. Waktu yg tepat saya kira, krn saya lagi liburan kuliah jadi bisa fokus melatih dan saya rasa nafis sudah siap (sudah bisa diajak komunikasi 2 arah dg cukup jelas).
Sedikit keteteran krn kebetulan juga ART mudik, jadi saya mengerjakan pekerjaan rumahan sambil fokus melatih nafis yg awal2 masih sering kecolongan pipis/poop di celana. Saya mencoba mengajaknya ke kamar mandi tiap 1,5-2 jam sekali, memintanya pipis. Tapi yg ada dia meraung2 nangis, dan begitu keluar dr kamar mandi, dia pipiss. Atau misal dia pipis lebih cepat dr jadwal atau saya yg terlambat membawanya ke kamar mandi, udah pipis baru kemudian bilang “pipis”. Sabaar.. sabaar… Ngepel lagi dan cucian lagi.

Dan hari ini, sudah masuk hari ke 11, alhamdulilllah mulai terlihat hasilnya. Dia sudah mengerti kalo diajak ke kamar mandi, sudah tau apa yg harus dia lakukan. Hihi, anak pinter..

Kalo untuk urusan poop, bissanya masih sempet diangkut ke kamar mandi dulu (udah hapal ekspresinya :D, atau kadang dia bilang ‘pup’), kecuali kalo encer sehingga saya tak sempat berbuat apa2. Hehe, selamat ya, naak.

Advertisements

5 thoughts on “Cerita tentang toilet training

    1. Haha, emang ada blog isinya gosip, pak? 😀 Btw, saya lama sekali ga berkunjung ke blog bapak, tau2 juniornya sudah lahir. Barakallah pak rifki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s