tentang nafis sampaidengan 7 bulan

alhamdulillah, hari ini nafis udah berusia 7 bulan 5 hari. saya hendak merangkum beberapa hal yang terjadi pada nafis yang juga dialami bayi2 lain, semua atau sebagiannya. kalau dibilang untuk berbagi, ehm saya rasa tidak. udah banyak sekali para supermom yang berbagi problematika dan saran terkait tumbuhkembang putraputri mereka di tulisan tulisan . kini para ibu semakin terdidik. kita akan dengan mudah menemukan segala informasi mengenai kehamilan dan kelanjutannya di internet. search, dan sepersekian detik akan muncul tulisan tulisan terkait. grup grup ibu-anak yang bertebaran di dunia maya, terutama fb; offline maupun online baby shop menjamur. alhamdulillah, semoga kecerdasan para ibu menumbuhkembangkan putra putrinya tak melalaikan untuk menyertakan bekal iman.

1. nursing strike
hal yang saya takutkan sejak pertama kali membeli botol dot untuk nafis benar benar terjadi, tepat ketika nafis 5 bulan. berawal ketika dia mulai enggan menyusu, sebentar sebentar dilepas. kemudian hingga benar benar tidak mau, baru dideketin udah nangis kejer. aih, tak karuan rasanya ditolak anak. dia hanya baru mau ketika mulai sliyep sliyep tertidur atau ketika udah tidur. itupun sebentar sebentar.

nursing strike ini istilah jika bayi enggan menyusu. nursing strike bisa disebabkan beberapa hal : trauma ketika menyusu ibunya pernah teriak, menjerit, atau bicara keras keras; karena aroma parfum ibu yg mengganggu; karena bayi hendak tumbuh gigi; karena nipple confusion akibat penggunaan dot yg frekuensinya lebih banyak daripada menyusu langsung. kasusnya nafis kemungkinan terjadi dg penyebab yg terakhir saya sebut. inilah mengapa para konselor dan ahli tidak menyarankan penggunaan dot, tetapi cup feeder atau sendok. tp sayanya yg dari awal khawatir akan merepotkan pengasuhnya, tetap kekeuh pake dot.

kalau sudah begini apa yg harus saya lakukan? saya mulai coba menggunakan sendok, tapi buurrr burrr disembur sembur. tepat sebulan kemudian, dia mulai mau menyusu tanpa nangisberontak. dengan pelan pelan dihibur dulu dibujuk dirayu dibuat swnang lah. saya tidak tahu pasti alasan apa yg sejatinya menyembuhkannya. alhamdulillah sampai saat ini udah ga menolak lagi.

2. gendongan bayi
uhh, entah bagaimana sampai nafis berumur sekian bulan ini, saya masih blm bisa menggendongnya dg nyaman. sejauh ini hanya sekedar mengangkat memindahkannya dari kamar ke depan atau sebaliknya. berasa menjadi ibu yg menyedihkan. searching searching tentang gendongan, saya baru tau kalo ada yg harganya mencapai dua jeti. oh maak. sebelumnya di rumah saya udah ada beberapa gendongan sling, carrier, dan wrap. tp masih blm nyaman. akhirnya saya memutuskan membeli carrier merk lokal Neo CMC (Neo cuddle me carrier ) secara online Rp 370 rebu, sepertiga harga carrier import ori. sejauh ini cukup tidak membuat pundak pegel karena beban ditumpukan pada pinggang, seperti rasa saat hamil. maaf tidak menyertakan gambar.

3. MPASI dan sembelit
menginjak 6 bulan, nafis mulai saya perkenalkan dengan mpasi, makanan pendukung asi. beberapa peralatan yg saya siapkan: hand blender (saya pake oxone ), feeding set, saringan kawat, buku superlengkap makanan bati sehat alami pak wied,apa lagi ya. . haha. untuk ukuran ibu masa kini, saya termasuk agak santai (untuk tidak mengatakan ga mau repot ). saya tidak membuat menu harian, beberapa peralatan nafis masih memakai peralatan orangdewasa seperti pisau panci, seringnya cuma saya kasih pisang yg ga repot. -_-parah. jadi kalau saya rangkum apa apa yg udah saya suapkan ke nafis selain asi adl: pisang, pepaya, apel, jeruk, belakangan kentang, jambu biji, gasol.

nah tiga hari terakhir ini nafis ga pup, saya jadi khawatir. dan benar, pagi ini selesai subuh dia ngejan sambil nangis kenceng banget. aaak, pupnya keras. kami urut urut perutnya sambil ditenangkan. pupnya berdarah saya rasanya mau ikut nangis. selesai, dia saya tidurkan. sebangunnya ternyata masih berlanjut. aaaa. alhamdulillahnya hari ini saya cuti.
saya blm tau makanan apa penyebabnya, bisa jadi kwntang, gasol, atau jambu. jd sementara stop dulu yang itu ya,nak.

sekian dulu rangkuman tentang nafis. sebenarnya tak ingin latah dg menulis apa apa tentang tumbuhkembang anak. tp ini benar benar sekedar utk mendokumentasikan, untuk mengikat ingatan saya yg temporer. .maaf ejaan agak kacau karena nulis pake hp.

Advertisements

4 thoughts on “tentang nafis sampaidengan 7 bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s