Pi el ei wai bi ow wai

dia nanya mbak, kok malam minggu ga pergi sama pacar..

Oh itu terjemahan dari kata2 seorang anak perempuan kecil yg tiba2 memberondongku ketika aku baru mau pesan makan di warung tenda itu. Sepertinya dia mengatakannya dalam bahasa sunda.

Aku masih bengong. Ngucek2 mata memastikan aku sudah turun dari kopaja P 16 ciledug-kemanggisan. Sepanjang perjalanan aku tidur. Jangan2 ini mimpi.

mbak.. !” dia mengagetkanku. Oh, bukan mimpi.

lha ini baru pulang” jawabku sekenanya. Maksudnya baru pulang dr maen sama temen2.

eh, mbak namanya siapa.. Bla bla bla.. Ibunya sudah meninggal ya bla bla.. Mbak yg jualan pulsa bla bla.. ” (muka gw emang mirip counter apa)

Heran. Ini anak kecil hiperaktif banget.

kalian udah sekolah belum? Kok nanya2 pacar..?” tanyaku membalas.

dia nih, mbak. Stres baru ditinggal pacarnya

Eh? Aku nyengir.

udah dong, mbak. Aku kelas 4, dia ini kelas 3

kalo udah sekolah coba baca itu” aku menunjuk tulisan berejaan bahasa orang barat di kaos salah satu dr mereka.

to… emm.. semit….you..emm..“.
Dari caranya membaca, saya menebak paling banter mereka kelas 1 SD.

Dan tiba-tiba,
mbak itu sebenarnya kurus. Tapi lebar ke samping. Bajunya sih kegedean“.

Aku nyengir lagi. Kehabisan ekspresi.

eh, mbak. Coba tangannya diginiin” mereka menunjukkan punggung tangannya. Awalnya aku ragu melakukannya, tapi ya sudahlah, kulakukan.

tuh kan, putih aku.. Haha ” mereka tertawa.

Aku buru2 narik tanganku sambil nyengir kuda (lagi). Dasar, gw dikerjain bocah2 kecil.

pi el ei wai.. Bi ou wai bi ow wai” tiba2 mereka kompak nyanyi sambil niruin gerakan2 ababil.

Ya, ampun..
eh, coba2.. Pi el ei wai bi ow wai nulisnya gmana? Katanya udah kelas empat” tantangku.

p..

trus?

l..

trus?

e..

salah..! ” aku tertawa penuh kemenangan.

Mereka ribut. Dan aku masih bertahan dg tawaku. Tawa yang aneh.

Kemanggisan, 22 Oktober 2011
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s