ashabiyah dan free rider

Mencintai diri sendiri, kelompok, dan membanggakan segala sesuatu yg ada kaitannya dengan diri sendiri sepertinya sudah memang tabiat dasar manusia. Sebut saja ketika kau melihat foto banyak orang dimana kau menjadi salah satu diantaranya. Siapa yg akan pertama kali kau lihat? Dirimu sendiri, bukan. Dan sertamerta kau akan mengatakan foto itu bagus ketika tangkapan bayanganmu disana terlihat menarik.

Begitu cintanya kita pada diri sendiri, termasuk segala sesuatu yg menyangkut diri. Katakanlah, kelompok. Dan kadang kau tiba2 akan merasakan kecintaan berlebihan kepada kelompokmu itu tatkala dihadapkan dengan kelompok lain. Tiba2 kau merasa harga diri kelompok menjadi sesuatu banget yg perlu kau taruh di atas kepala. Bolehlah kita mencontohkan diri kita sendiri sebagai orang indonesia yg begitu sensitif jika berhubungan dg negara tetangga. Kau akan cepat sekali merasa seolah harga dirimu diinjak2 ketika mereka menyentil sedikit saja tentang negaramu. Atau pendukung klub persebaya ‘bonek’ yg begitu loyal melakukan apa saja untuk kelompoknya terlebih ketika ada orang lain yg mengusiknya sedikit saja.

Ah, hari ini saya kembali terjebak dalam suasana itu. Aroma kotak2 yg begitu tercium dalam sebuah kelas gabungan. Persaingan dingin, dimana dalam beberapa hal memang kelas saya lebih banyak mencuri perhatian dosen.

“kelas * anaknya baik2 ya, gak kayak kelas kita yg gila2. Haha” kawan saya mengucapkannya disela2 makan siang kami yg tentu makna bawaan yg sebenarnya ingin ia ungkapkan adalah betapa bangganya ia akan kelasnya. Dan kawan2 saya menimpali dg kalimat2 yg semakna. Jyah, saya nyengir aneh.

Ah, ketika kau berada pada sebuah komunitas yang, katakanlah keren., bukankah belum tentu kau juga keren. Lantas, kenapa kau begitu bangga berada disana? Bisa jadi kau hanya penumpang gelap di gerbongnya.. Ya.. free rider..

#catatan kacau 6 okt 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s