Lebay

Dia masih ingat ketika kemarin kalian berdua (kau dan dia) duduk mengenaskan di kursi penumpang sebuah bis – yang keadaannya tak kalah mengenaskan- jurusan Pati-Purwodadi, tengah hari itu. Kalian sama-sama tak tau seperti apa bumi Purwodadi itu, dan apakah benar darisana kalian akan bisa sampai ke Solo atau tidak. Tapi satu hal yang sama-sama kalian yakini waktu itu, bahwa kalian percaya, dan kalian tidak akan pernah takut, selain kepada Allah tentunya.

Tapi ternyata kepercayaan itu tidak mampu menyingkirkan egoisme kalian. Kelelahan fisik, setelah sehari sebelumnya melewati jalur kuping Semarang, makin memakluminya. Kalian duduk disana, tepat dibelakang pak sopir, sementara orang-orang berjubel memadati ruang-ruang yang tersisa ;Ibu-ibu, anak-anak, simbah-simbah. Seolah-olah sudah kompromi sebelumnya, kalian sama-sama pura-pura tak melihatnya.Diam. Tenggelam dalam keberpuraan masing-masing.

Dari Purwodadi, kalian bertolak ke Solo. Perjalanan inilah yang membuatnya semakin mengagumimu. Kau melakukan hal yang sulit dia lakukan, mengajak ngobrol anak-anak. Dia memang memberikan pangkuannya untuk mereka, tapi dia tak pernah bisa mengajak mereka bercerita. Dunia anak-anak seolah begitu jauh darinya. Seperti sebuah misteri yang sulit sekali terpecahkan. Meski demikian, dia tak akan menampakkan muka culun penuh kekaguman kepadamu. Karena gengsi tentu.

Tapi sepertinya, dia emang lebay. Sedikit-sedikit terharu, terharu kok sedikit-sedikit…

Bayangpun, konsentrasinya di perjalanan bisa hilang beberapa saat hanya karena melihat seorang lelaki kecil berseragam biru putih menggandeng tangan nenek-nenek melewati zebra cross. Kesadarannya baru kembali setelah klakson bersahutan dari belakang, lampu ijo woyyy!

Lebay, kan?!

Dia tahu, sebenarnya jiwanya tak sebegitu sosialisnya. Namun kadang, emosi melankolisnya begitu kuat menyeruak. Entahlah, mungkin karena pengaruh masa lalunya. Padahal kenyataannya keterharuannya tak beranjak dari tataran hati aja, tidak pernah mewujud dalam laku.


catatan ini dibuat setelah membaca note ini : http://www.facebook.com/home.php?sk=group_178209705546430&ap=1#!/note.php?note_id=10150098043364421

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s