Wanita dan Kereta

“Pegawai pajak kok naik kereta ekonomi…” kawan saya menirukan komentar seseorang ketika ia menyampaikan rencana kepulangannya. Saya nyengir krik-krik aja mendengarnya.
Pertama, kami belum resmi jadi pegawai pajak.
Kedua, kalau memang pegawai pajak, dosa gitu naik kereta ekonomi? *sigh

Saya pribadi sudah terbiasa dan akrab dengan kereta ekonomi. Rasanya benar-benar merakyat. Hanya sesekali naik kereta bisnis atau bis yaitu pada masa-masa mudik lebaran atau tahun baru. Alasan pertama, saya tidak tahan AC, masuk angin dan mabuk, jadi perjalanan bis lebih dari 20 jam akan menjadi siksaan berat buat saya. Kedua, pertimbangan ekonomis. Otak saya akan secara otomatis mengkonversi dengan cepat selisih harga tiket kepada bentuk barang/perolehan lain yang lebih bermanfaat. ^^ (mending selisihnya buat ini atau itu… haha. dasar wanita!).

Tetapi kemudian ada beberapa hal yang saya pertimbangkan. Sebagaimana kita tahu, seorang wanita tidak dianjurkan (bahkan ada ulama’ yang melarang) untuk safar (bepergian jauh) tanpa disertai mahram, kecuali untuk urusan sangat penting dan bisa dipastikan aman. Padahal saya sering pergi sendirian atau berdua saja dengan kawan saya. Kalau sedang beruntung, bisa saja mendapatkan tempat duduk dengan partner yang enak (ibu-ibu atau mbak-mbak). Tetapi kalau sedang kurang beruntung, bisa saja tidak mendapatkan tiket duduk, atau duduk tapi berpartner dengan mas-mas, bapak-bapak, ikhtilath sangat sulit dihindari. Belum lagi kalau mereka perokok, seperti yang terjadi kemarin. Pernahkan membayangkan anda berada diantara 6-7 orang perokok yang merokok dalam waktu bersamaan? Saya dan kawan saya harus membekap mulut dan hidung setiap saat sampai hafal berapa menit sepuntung rokok bisa habis.

Akhirnya saya mulai mempertimbangkan komentar seseorang tadi, bukan karena ‘pegawai pajak’nya, tapi karena saya adalah seorang perempuan. Bagaimana pendapatmu, kawan?

Leave a Reply

