ceroboh

“ojek, mbak?”
“becak, mbak?”
“kemana, mbak?”
“pondok, ya?”

Kalimat-kalimat itu sungguh familiar di telinga saya. Itu jugalah salah satu alasan yang membuat saya agak malas ke stasiun. Ya, oke, saya tahu, mereka mencari nafkah untuk keluarga mereka. Bahkan tidak jarang saya membayangkan anak istri mereka menunggu sang ayah dengan perut keroncongan di rumah. *halah! Lebay. Tapi jujur, berondongan pertanyaan itu membuat saya tak nyaman, padahal saya sudah bilang, “dijemput, pak”.

Singkat cerita, saya menggunakan jasa salah seorang dari mereka, bukan jasa ojek, tapi jasa telepon selular dengan tarip yang sama dengan tarip ojeknya. Saya menyerah setelah muter-muter dengan satu tas punggung dan dua tas jinjing di tangan kanan dan kiri saya mencari wartel tapi tidak ketemu.

Kenapa saya mencari wartel???
Karena henpon saya ilang, saudara-saudara…. Ini kali keempat hp saya ilang. Terakhir februari kemarin.
Kenapa saya seceroboh ini…. Lagi-lagi…
Berapa kali bapak saya mewanti-wanti biar saya hati-hati…?
Berapa kali saya harus menunda kebutuhan saya yang lain karena harus beli hp lagi…?
padahal saya tahu orangtua saya bekerja keras untuk itu…

Ah, sekali dua kali wajar. Lha ini empat kali dalam 3 tahun???
Masih mengulang kesalahan yang sama.
Kenapa saya tidak juga belajar…
Saya akan jauh lebih ikhlas kalau ini terjadi bukan karena kecerobohan saya…
Ada yang punya ide bagaimana caranya mengurangi kecerobohan?

Leave a Reply

