pelajaran moral 5 syawal

di manapun dan kapanpun, selalu saja ada hikmah yang bisa kita ambil untuk sekedar merefleksikan diri. (fatih laptopmini).
——
selasa, 05 syawal 1431 H adalah waktu yang kami (saya dan kawan-kawan SMA) agendakan untuk bershilaturahim dengan bapakibu guru SMA. semoga shilaturahim ini tak sekedar tradisi dan bersalam-salaman saja. tapi benar-benar bisa menyambung (shilat) persaudaraan, mendatangkan rizqi, dan memperpanjang umur…

karena tema shilaturahim ini adalah tema alumni dan guru-guru, maka objek perbincangan tak akan jauh dari seputar keadaan SMA sekarang dan tentu perkuliahan kami. cerita detil di-skip aja.

pelajaran moral pertama yang saya ambil adalah : kadang tanpa sadar perbuatan yang kita lakukan, walaupun sebenarnya biasa-biasa saja, telah menzhalimi orang. dalam satu forum, mengajak bicara 1 orang dan mengacuhkan orang lain adalah menzhalimi orang-orang lain tersebut.
“jika kalian sedang bertiga, maka janganlah dua orang berbisik tanpa seorang yang lain, sehingga kalian membaur dalam pergaulan manusia, sebab yang demikian itu akan membuatnya sedih” (HR Bukhari, Fathul Baari : 11/83). ini juga berlaku ketika sedang berempat, dan tiga orang mengabaikan yang keempat.

pelajaran moral kedua adalah jangan terlalu banyak bercerita tentang diri sendiri. walaupun cerita itu tentang kebadungan atau kenakalan masa lalu, tapi aroma-aroma kebanggaan akan diri sendiri itu akan tetap tercium. dan ini yang benar-benar harus saya resapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s