jamak

bahtera tidak diciptakan untuk sekedar berlabuh di dermaga, kereta tak diciptakan untuk berdiam di stasiun, bis pun tidak diciptakan untuk parkir di terminal……………..
demikian pula seorang ‘alim (berilmu). ia tak diciptakan sekedar mendapatkan ilmu, tapi juga dituntut untuk menunaikan hak atas ilmu yang dimilikinya. diamalkan, dan tentu diajarkan pula. tapi nyatanya, lima belas tahun ‘makan bangku’ sekolah seolah tak cukup menyiapkan saya untuk outstanding di masyarakat.
ah, ini klise. kalian pasti sudah menangkap arah pembicaraan saya kemana.
dulu saya sempat sombong, yakin akan mampu mempertahankan eksistensi dengan prinsip kemandirian saya. toh saya terbiasa ber’sollo karier’, begitu pikir saya waktu itu. namun, kenyataan memporak-porandakan keangkuhan itu. nyatanya, saya layaknya hanya seperti seekor domba yang takut diterkam serigala tatkala sendirian.

Leave a Reply

