perjalanan dan momen

satu hal yang tidak saya sukai dari perjalanan adalah terbuangnya waktu. terutama jika perjalanan tsb memakan waktu lama. misal karena macet. wah, stres puol. perjalanan lama juga dirasakan ketika mudik. butuh waktu 20 jam perjalanan dari kost sampai rumah. tapi, untuk perjalanan yg ini ga bikin stres kok (ya iyalah, mudik gitu…). tapi waktunya agak sayang juga. apalagi saya bukan tipe orang yg sangat bisa memanfaatkan momen di perjalanan untuk membaca dsb. mumet je. jadi lebih suka ngeliatin jalanan, yg sebenarnya ya begitu-begitu saja.

makanya sebenarnya tidak dianjurkan ada tradisi mudik menjelang lebaran. mengingat mudik ini biasa dilakukan di hari-hari akhir bulan ramadhan. padahal sebagaimana kita tahu, pada saat itu benar2 pahala diobral. tapi ya mau bagaimana lagi,… mungkin masing-masing orang punya cara tersendiri menyiasati agar momen luar biasa tsb tidak disia-siakan.

bicara masalah perjalanan panjang agak disayangkan, saya ingat guru sejarah saya waktu SMP. berapa ya usia beliau sekarang… ehm, udah senior. sejak jaman paman saya SMP, beliau udah jadi guru disana. sampai sekarang, keponakan saya SMP, anaknya paman saya tadi, juga masih diajar sama bapak tsb. seperti kata ‘orang tua’, dadi guru ki awet enom.

eh, kembali ke topik perjalanan. jadi, bapak guru saya tsb tiap ngajar nglaju dari rumah beliau yang di madiun (tapi udah deket magetan). sementara SMP tempat beliau ngajar itu di ujung selatan ponorogo (udah deket ke trenggalek). entah berapa km. jauuuh beud.
pas kemarin saya mudik, saya ketemu beliau.
saya : lho, pak, jenengan masih ngajar di sini? saya kira udah mutasi?

beliau : uangel lho, nduk. mau gimana lha untuk memenuhi beban 24 jam…

memang, denger-denger, berdasarkan permendiknas, ditetapkan bahwa guru yang telah memperolah sertifikat pendidik mempunyai tanggungan beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu. nah, ini yang menyulitkan. kalo bapak guru saya tsb pindah, susah nyari sekolah dimana beliau dapet jatah minimal 24 jam. kalo batas ini ga terpenuhi, gak dapet tunjangan profesi yang besarnya sama dengan gaji pokok. apalagi beliau mengajar mata pelajaran sejarah yg setiap pertemuan hanya 2 jam.
yah, semoga beliau tetap diberi kesehatan dan kesabaran.

ayo, jadi kapan temen-temen mudik?

Leave a Reply

