memang rumit

waktu kecil, saya punya 2 teman bermain. selisih umur kami tak lebih dari 1 tahun, ya sepantaran lah kata orang jawa. layaknya persahabatan orang dewasa (jyah), persahabatan kami pun tak lepas dari masalah, terutama karena cemburu. jika saya lagi main sama A, si B cemburu. ketika A lagi jalan2 sama B, saya yg cemburu.

mmm, kadang kita baru menyadari bahwa kita menyayangi seorang teman setelah dia terlihat begitu dekat dengan orang lain. cemburu. makanya saya agak kurang suka bepergian bertiga. pasti salah satu jadi dicuekin. Rasulullah pun melarang kita berbisik empat mata dan membiarkan orang ketiga.
“jika kalian sedang bertiga, maka janganlah dua orang berbisik tanpa seorang yang lain, sehingga kalian membaur dalam pergaulan manusia, sebab yang demikian itu akan membuatnya sedih” (HR Bukhari, Fathul Baari : 11/83). ini juga berlaku ketika sedang berempat, dan tiga orang mengabaikan yang keempat.

kembali pada masalah cemburu. cemburu itu manusiawi dan memang diperlukan. karena ya tadi, kadang kita baru sadar bahwa kita menyayangi seseorang setelah cemburu. dan baru sadar bahwa selama ini kurang memperhatikannya sehingga ia jadi lebih dekat dengan orang lain. tapi, saya mesti berterima kasih kepada imamsol yang telah memosting tentang belajar mencintai. yup, saya mencintai temen2 saya, tak peduli apakah mereka juga mencintai saya atau tidak. karena saya mencintai, bukan minta dicintai.

haha… ternyata hubungan antarwanita itu begitu rumit. (dan kami tertawa bersama-sama… )

-dipersembahkan untuk temen2 kos-

Leave a Reply

