mimpi

setelah menyelesaikan Bidadari-bidadari Surga kemaren, rasanya ketagihan mau baca novel lagi. kali ini Orang Miskin dilarang Sekolah siap di tangan. dari dulu saya sangat tertarik dengan tema-tema sosial seperti ini. entah apakah membuntut kepada kakak saya yang emang penyuka teori-teori kiri atau karena saya sempat merasakan nuansa-nuansa itu. satu dua lembar terbaca, oke lanjut. tiga empat dan seterusnya sampai halaman 109 saya memutuskan berhenti. tidak ada yang istimewa. ceritanya mirip cerita-cerita di buku intan pariwara yang saya baca waktu SD. intinya tentang mimpi lah.

omong-omong soal mimpi, walaupun saya banyak membaca buku-buku intan pariwara, tapi saya dari kecil tidak terbiasa bermimpi. terdengar begitu menyedihkan memang. ya sudahlah, saya tidak sedih kok.

setelah di stan, diantara sahabat-sahabat yang saya sebut bala kurawa, ada dua orang sahabat saya yang mimpi-mimpinya jauh berkebalikan. dua-duanya berinisial z. Z1 bercita-cita tuinggi. beliau selalu bercerita ingin kuliah s1 dan s2 di luar negeri. pintar bahasa inggris dan mau belajar bahasa jepang. sering berkoar di depan saya untuk pantang kembali ke kampung halaman sebelum membawa kesuksesan. ingin menjadi wanita karier lah. hehe, tapi nyatanya beliau sering mudik juga ;-)… tapi, keren kok. energinya begitu hidup dan meletup-letup. mengajak saya melihat dunia dari sisi lain yang tak kalah indah.
Z2, setahun terakhir selalu bersama saya. ya iyalah, satu kelas, sering satu bangku pula. cita-citanya begitu sederhana. beliau bukan tipe wanita pengejar karier. tidak berminat juga melanjutkan kuliah. udah males mikir, ungkapnya. beliau ingin menjadi ibu rumah tangga yang mengurus suami, anak-anak, dan memegang beberapa halaqah. kalaupun bekerja di kantor, beliau ingin menjadi pegawai yang cukup mengucapkan “selamat, pagi. ada yang bisa dibantu?” mahasuci Allah..

dua-duanya keren yak. eh, sebenarnya masih banyak bala kurawa lain yang keren. tapi untuk saat ini itudulu ya.:-)

sementara, mimpi saya apa? abstrak. ah, untung dosen kspk tidak memberi tugas bikin life mapping…:-)

Leave a Reply

