Mengalahkan Udzur

“dengan cacat pincangku ini, aku bertekad merebut surga”

ia Amr bin Jamuh, ipar Abdullah bin Amr bin Haram. Amr bin Jamuh ini adalah salah satu tokoh di Madinah. Telah menjadi kebiasaan bangsawan madinah menyediakan duplikat berhala di rumahnya, tak terkecuali Amr ini, dan diberi nama Manaf.

Suatu ketika putranya, Muadz bin Amr yang telah mendahuluinya masuk Islam bersama sahabatnya Muadz bin Jabal sepakat menjadikan manaf sebagai permainan. Malam hari mereka menyelinap dan membuang manaf ke tempat pembuangan hajat. Paginya, Amr marah bukan main mengetahui hal tsb. Sambil mengumpat, ia membersihkan manaf dan memberi wewangian. Kejadian ini berlanjut sampai malam2 berikutnya. Akhirnya Muadz bosan dan menaruh pedang di leher manaf sambil berkata “jika kamu betul2 memberi kebaikan, berusahalah mempertahankan dirimu”

Esoknya Amr menemukan manaf di tempat pembuangan hajat dalam kondisi diikat dengan bangkai anjing. Kemudian datanglah bangsawan muslim dan mengajaknya berdialog dan menjelaskan tentang islam.

Maka Amr menemukan dirinya. Ia membersihkan badannya dan berbaiat kepada Rasul.

Setelah menjadi seorang muslim, ia begitu dermawan. Bukan cuma harta, tapi juga jiwa raga.

Ketika panggilan berjihad di perang badar tiba, ia berketetapan hati untuk ikut berperang. Mengingat kakinya yg pincang, keempat putranya -yang juga berangkat perang- memohon ke Rasulullah untuk membatalkan maksud ayahnya. Rasul lalu menyampaikan kepada Amr bahwa ia dibebaskan dari kewajiban perang. Amr bersikeras. Akhirnya Rasul mengeluarkan perintah agar ia tetap tinggal di madinah.

kemudian datang perang uhud, amr memohon, ” ya Rasulullah, putra2ku menghalangiku bertempur. demi Allah, aku amat berharap dengan kepincanganku ini aku dapat merebut surga”
akhirnya Rasul mengizinkannya.Dan akhirnya ia mendapat apa yang diimpikannya, mati syahid.

–¤-¤–
#teringat kegirangan saya pada peristiwa maghrib di masjid kampus beberapa saat lalu. saya kira iphaa juga masih mengingatnya. jauh beda memang#

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s