kemarin, hari ini, dan esok

saya pernah berada di seberang sana…

menisbatkan diri kepada hal-hal berbau sosialis..

mengorek-ngorek sejarah tentang PKI… dan saya menemukan fakta bahwa golongan ini hanya korban kehausan mbah harto. saya makin penasaran…

membaca-baca buku tentang marxisme…
tentang filsafat kebudayaan..
teori-teori post-modernisme..

hasilnya?
saya ga paham sama sekali.

tapi saya masih keukeuh dengan sosialis…

kekaguman saya pada seniman dan budayawan…

mudah trenyuhnya saya dengan fenomena-fenomena sosial masyarakat…

terpikatnya saya dengan kehidupan jalanan…

tak pedulinya saya apakah seseorang muslim atau bukan…

saya ambil posisi aman, moderat.

ah… sebuah keangkuhan yang diatasnamakan pengukuhan jati diri

kesombongan yang akhirnya menghalangi hati dari kebenaran.

kini, saya disini

bukan di sana lagi.

mengatakan t.i.d.a.k.s.u.k.a dengan perubahan yang dilakukan hizb tertentu…

hari ini saya berdiri di sini.

entah besok.

_¤_¤_

$$

Leave a Reply

