Nama yang Baik, Buruk, dan Makruh

Kalo shakespeare mengatakan apalah arti sebuah nama, maka bagi saya beda. Nama yang kita sandang adalah harapan orangtua kita. Memberikan nama yang baik merupakan hak bagi anak.
“sesungguhnya kalian pada hari kiamat nanti akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka perindahlah nama kalian” (HR Abu Dawud dan Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya dan perawi yang tsiqah)

Rasulullah selalu memil4 nama-nama baik untuk anak-anaknya. Bahkan umatnya diperbolehkan menamai anaknya dengan ‘Muhammad’, namun dilarang memberinya kunyah (julukan) seperti kunyah beliau, yakni Abul Qasim. Hanya Ali yang diperbolehkan untuk itu.

“sesungguhnya mereka dahulu menamai (anak-anak mereka) dengan nama-nama nabi dan orang sholeh ” (HR Muslim dari Mughirah)

Rasulullah juga selalu mengganti nama-nama yang buruk menjadi nama-nama yang baik. Misal ‘Ashiyah (pendurhaka) diganti Jamilah, Ashram (terpotong) diubah menjadi Zur’ah (tumbuh).

Nah, yang terakhir ini baru kemarin saya dengar. Yaitu tentang nama-nama yang makruh jika digunakan. Alasannya karena mengandung unsur-unsur (klaim) penyucian dan kebaikan diri.
“janganlah namai anak kamu dengan Yasar (kemudahan), Ribah (keberuntungan), Najih (berhasil), dan Aflah (berbahagia) “( HR muslim, semakna itu juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Dawud).

ketika Amru bin Atha’ hendak menamai anak perempuannya dengan nama Barrah (sangat baik), ia ditegur Zainab binti Salmah yang pernah mendengar Rasulullah bersabda, “janganlah kalian menganggap dirimu suci, Allahlah yang lebih mengetahui siapakah diantara kalian yang menjadi ahli kebaikan”

“lalu harus kami beri nama apa?”
“namai saja Zainab”

#
Tri (tiga) Utami (utama) Nurul (cahaya) Hidayah (petunjuk)

#
maraji’: Cara Nabi Mendidik Anak, Ir. Muhammad ibnu Abdul Hafidh Suwaid

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s