Mari Sejenak Lupakan Nyontreng

Wahai kawan, salahkah jika saya masih berpikir tentang pencarian jati diri? Orang bijak bilang masa pencarian jati diri itu tidak ada, itu hanya dijadikan alasan pembenar atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Pun jika saya mencari-cari kebenaran, juga salah? Mutlak atau relatifkah kebenaran itu? Saya sungguh bodoh tentang hal ini.

Kalau orang baik itu seperti apa? Ah, pasti kalian akan menjawab, seperti Rasulullah. Ya okelah. Tapi zaman sekarang, seperti apa?

Membayangkan sinetron-sinetron di teve, sungguh naif sekali. Tokoh protagonis digambarkan benar-benar baik (terlepas bagaimana kesholehannya) dan tokoh antagonis digambarkan benar-benar jahat. Hanya ada h i t a m dan p u t i h.

Seorang sahabat pernah mengungkapkan seperti ini, “siapa yang lebih dulu masuk surga, ust. Jeffry al-Bukhori atau Iwan Fals?” Wallahu a’lam. Tapi inti yang ingin disampaikannya sebenarnya adalah bisa jadi Alloh mempunyai penilaian lain yang berbeda dari cara kita. Kita dibekali indera untuk merasa, tapi apakah itu cukup?

Ketika kita disodori selembar kertas yang hanya ada satu titik hitam disitu, apa yang ada dibenak kita? Titik itu. Ya titik itu, dan kita melupakan luasan putih yang masih menghampar disekitarnya.

Sama ketika saya dibilang egois oleh seorang saudara yang notabene ‘agak liberal’ gara-gara mencak-mencak bin ngomel-ngomel sewaktu beliau nonton Empat Mata-nya si Tukul Arwana. Secara, saya pikir itu kan enggak banget. Katanya, ” kalau kamu seperti itu, itu namanya egois -yang menghakimi orang hanya karena melihat sisi luarnya”
Apa pendapatmu, kawan?

Salim A. Fillah mengutip seperti ini (menurut saya tetap saja tidak bisa membenarkan sikap Tukul)

“setiap orang ibarat bulan
memiliki sisi kelam,
yang tak pernah ingin ia tunjukkan pada siapapun
Pun sungguh cukup bagi kita,
memandang sejuknya permukaan bulan,
pada sisi yang menghadap bumi”

Ah, saya harus banyak belajar..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s