Bangkit dari Keterpurukan

Bukan, samasekali bukan tentang futur. Itukan bahasan yang lagi hangat2nya kemaren. Ini tentang Kick Andy. Keren kan temanya? Yo’i, kira2 itulah yang saya pikirkan ketika pertama mendengar temanya.

Ya seperti biasalah, Kick Andy ini mengundang orang2 yang hebat untuk berbagi kisah2 yang luar biasa tentunya. Coba tebak kawan, siapa yang diundang kali ini? Ayo tebak!! Ya sudah, saya beritahu. Yang diundang adalah
1. Korban pemerkosaan
ceritanya bla bla bla..
2. Korban pelecehan seksual
ceritanya ehm..ehm..
3. Punya pacar tidak bertanggung jawab akhirnya jadi unmaried single parent.
ceritanya a.i.u.e.o..
4. Istri simpanan.
ceritanya cas..cis..cus..

Intinya… simpulkan sendiri. Saya males. Heran, mau2nya sih mereka mengekspose diri seperti itu, membuka2 aib yang sudah tersimpan rapat2. Alloh saja sudah menjaga kemuliaan hamba-Nya dengan menutupi aibnya.. Hhh.. kemudian saya agak krik krik ketika seorang psikolog yang diundang berkata, ” .. budaya Indonesia itu adalah menutup2i kejadian2 yang bisa membuat dia stres dan menyimpannya sendiri.. “. Lah, bagus dong, Bu. Apanya yang salah? tauklah, kagak ngarti psikologi. ;-(

Oya, semua pasti sepakat bahwa kejadian tersebut bukan mutlak akibat kesalahan mereka. Saya juga tidak akan membahasnya.. hhe bisa2 nanti melakukan audit trail. Tapi memang, perjuangan mereka untuk melanjutkan hidup patut diacungi jempol. Trauma, tekanan batin, post traumatic stres disorder-katanya, keluarga tidak memberi support, belum lagi stigma negatif dari masyarakat. Bisa2 gila!! Ada yang bilang itu hukuman sosial, biar orang tidak mudah melakukan seks diluar nikah.

Yang agak saya sesalkan selanjutnya adalah kalimat Andy pada waktu pembukaan, kurang lebih seperti ini
” melahirkan seorang anak diluar nikah memang sebuah aib. Tetapi apakah kita sebagai masyarakat akan langsung menghakiminya dan memperlakukan mereka (ibu dan anak tsb -te) secara tidak baik? tentu tidak. Saya tidak melihat ini dari sudut pandang agama karena bisa2 akan mengatakan, “salah loe sendiri gak jaga diri..”.
gubrak!! sesederhana itukah Andy menafsirkan agama?

Intinya lagi, saya agak kecewa dengan Kick Andy kali ini. Hikmah yang bisa saya ambil apa??
oiya, ada. Ada hikmahnya. Kalau saya perhatikan mbak2nya itu, hanya satu yg menutup auratnya, itupun tidak sempurna.
“hai Nabi, katakanlah kepada istri2mu, anak2 perempuanmu dan istri2 orang2 mukmin, “hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu..” (33:59)

Oiya terakhir, tadi pas openingnya, semua audiens berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. huwa. Temen2 yang mendapat PM dari saya pasti bisa mengira2 apa yang terjadi.. hehe.. ^^v

Leave a Reply

