Bukan Rasis, melainkan Narsis

Dalam kaidah ilmu komunikasi, bahasa merupakan suatu alat perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Semua makhluk di dunia ini mempunyai bahasa sendiri2, tentu yang sesuai kelompoknya. Nah, berbicara sedikit mengenai komunikasi, intinya adalah suatu pesan yang dimaksud dapat tersampaikan dengan baik.

Bertolak pada pemahaman tersebut, saya ingin bertanya bagaimana pendapat temen2 tentang orang yang bicaranya “medhok” (aksen jawa yang sangat kentara, terutama kalau yang dari jawa timuran _pengucapan ‘d’nya manteb. ndak gitu..)? Terganggukah anda? Atau ada diantara anda yang medhok juga?

Apakah anda akan berpendapat: What’s wrong with medhok? Apakah kurang mengindonesia? Apakah kalau berbicara bahasa Indonesia harus mengganti logat menjadi logat ibu kota? dan sederet pertanyaan lain. Kalau Anda berpendapat demikian, selamat!! karena Anda bangga pada identitas kedaerahan dan tidak teracuni pola berpikir ketelevisi2an. Yaitu ketika teve seringkali (bahkan selalu) didominasi oleh gaya hidup anak muda (jakarta dan sekitarnya). Orang akan berpikir, “ow yang modern itu seperti itu”. Akan sama konteksnya ketika teve menyuguhkan iklan kecantikan, dengan serta merta orang akan bilang bahwa “cantik itu putih”.

— Nah, kembali ke medhok–

Biasanya orang itu bicara medhok karena spontanitas atau karena terbawa kebiasaan. Dan memang tidak mudah meninggalkan kebiasaan. Tapi ada juga orang yang memang bersikekeuh tidak mau menghilangkan medhoknya. Ya karena alasan bahwa itu identitas. Sebenarnya kalau mereka mau sedikit terbuka, mereka akan tahu bahwa adakalanya aksen itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan teman saya pernah bilang kalau telinganya seolah2 tergelitik mendengar orang bicara medhok. Nah di sinilah kita akan sedikit belajar mengesampingkan ego pribadi. Kalau diantara sesama jawa, oke-lah. Tapi kalau tidak? Apalagi kalau di forum resmi. Coba bayangkan kalau Putri Indonesia saat mengikuti ajang Miss Universe, bahasa inggrisnya medhok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s