Angin itu berhembus sampai sini, Ponorogo-Bintaro

Perasaan bahagia menyeruak tatkala mendengar bahwa insyaAlloh beliau akan menikah dalam waktu dekat.
Ah, akhirnya..
Beliau bilang, setelah 3 tahun akhirnya lampu merah telah berganti kuning dan kemungkinan, hijau akan menyala. What??
Ternyata benar bisik2 yang saya dengar selama ini. Hampir tak percaya.. Apa boleh buat, 3 tahun telah terlampaui.. dan kini.. semoga ini jalan terbaiknya.

Sejenak ke bahasan lain.. Kemudian ditanya mengapa selama 3 tahun tersebut tidak direstui, beliau bilang apa?? Zziinggh.. angin feodalisme menggelitik. Ternyata, si akhwat adalah keturunan ‘santri’, putrane mbah Yai, pemilik sebuah Pondok Pesantren. Keluarga si akhwat tidak menyetujuinya menikah dengan orang yang bukan dari kalangan keluarga pesantren yang ‘ngaji’. Ya Alloh… Dan kedua, karena seorang hafizhah layaknya mendapat suami yang hafizh juga.

Oh,.. Aromanya begitu nyinyir, menusuk hingga rongga hati terdalam.

Beberapa hal yang saya sesalkan disini, pertama mereka menjalani ikatan tidak jelas selama 3 tahun. Padahal si ikhwan adalah seorang aktivis kampus yang ‘melek’ agama. Bahkan tidak jarang menjadi ‘imam’ dalam kegiatan2 keagamaan. Dan si akhwat, kerasnya peraturan pesantren tak membuatnya mampu ‘menjaga diri’..
Kedua, angin feodalisme masih sangat kuat berhembus, ternyata di kalangan pesantren. Seperti tulisan seorang sahabat yang menyatakan kekecewaannya akan tradisi yang ada di Pesantren. Ah, apa yang harus saya katakan.. Hierarki kekuasaan di Pesantren memang absolut. Orang yang harus paling dihormati adalah keluarga Mbah Yai. Lalu, apakah keturunan mbah yai harus menikah dengan keturunan mbah yai juga?? Atau minimal ‘nyantri’?
Mengapa orang mau menikah dipersulit? Bukannya Alloh saja melarang meminta mahar yang tinggi jika itu menyulitkan? Lha ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s