Kaya Kere Munggah Bale


Eling-eling kowe biyen dodol sego kering
bareng saiki dadi wong kondhang
kowe njur lali karo kahanan

Eling-eling kowe biyen dodol sego kucing
bareng saiki dadi wong gedhe
kowe kaya kere munggah bale

————
seorang dosen pernah menanyai kami -mahasiswanya- apakah sebelum di STAN pernah kuliah atau minimal diterima di univ lain. Tentu bisa ditebak jawabannya. Hampir semua mahasiswa di kelas pernah masuk univ & tidak tanggung2 jurusannya yg notabene favorit. Mendengar itu, dosen menghela nafas panjang & menyatakan penyesalan beliau. Malah saking gemasnya, beliau bilang, “Apa sih yang kalian cari di STAN? Kekayaan? Kalau memang itu, lebih baik kalian segera siapkan koper dan angkat kaki dari sini!!”.

Ya Allah pak.. sepertinya Anda kecewa sekali. Kecewa karena mengetahui lahan yang kami “incar” adalah lahan basah. Takut niat kami buruk. Takut kami akan meminta kompensasi atas pengorbanan kami meninggalkan “dunia” kami. Kecewa menyaksikan kami menanggalkan almamater kemahasiswaan dan mengganti dengan baju safari pegawai negeri. Memang tidak bisa dipungkiri, dalam kaidah manajemen keuangan pun disebutkan, high risk high return. High risk disini mungkin bisa menggambarkan pengorbanan yang besar. Semakin besar orang berkorban, semakin besar tuntutan pengembaliannya.

Di sisi lain, menjadi orang kaya tentu tidak salah. Orang baik yang kaya akan lebih banyak membawa manfaat daripada orang baik yang fakir. Tapi yang perlu dipertanyakan, apakah orang miskin yang baik akan tetap baik ketika menjadi kaya??

Hhh, perjalanan terus menanjak. Dan ketika sudah berada dipuncak, tidak banyak yang akan ingat bahwa mereka pernah berada di bawah..

“Dan apabila manusia ditimpa bahaya, dia berdoa dalam keadaan berbaring, duduk, atau berdiri. tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah2 dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yg telah menimpanya.” ( Q.S 7:12)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s