NgeLmu nyantrik

Dunia semakin tua. Semakin pikun. Lupa. Lupa akan sejarah masa lalu. Lupa akan keras perjuangannya dulu. Sekarang, tinggal ongkang-ongkang menikmati masa tuanya tanpa menyadari bahaya yg setiap saat siap menerkamnya.
——————–
Guru. Dalam tradisi kereta basa jawa sering disebut dengan diGUgu lan ditiRU. Terjemah bebasnya, semua perkataan maupun perbuatan seorang guru mestinya diteladani muridnya. Melihat begitu pentingnya peran guru tsb semestinya menempatkan guru pada posisi penting di hati muridnya.
Dalam tradisi ta’lim mutta’alim, disebutkan jika seseorang ingin ilmunya berkah, maka disarankan memberikan ‘hadiah fathihah’ untuk sang guru. Terlepas apakah tradisi tsb bid’ah dsb, yang ingin ditekankan adalah betapa wajib seorang murid memuliakan gurunya.

Tapi kawan, akhir2 ini malah saya banyak menemui hal2 yg tidak mencerminkan penghormatan seorang murid kepada gurunya (khusus kasus ini, mahasiswa kepada dosennya). Hubungan mahasiswa-dosen hambar, hanya sebatas formalitas menyampaikan- menerima, menyuruh- mengerjakan. Dan hubungan itu berakhir seiring berakhirnya kewajiban sks-nya. Padahal, orang bijak bilang -kita pun juga tahu- bahwa tidak akan pernah ada ‘mantan’ dosen.

Deskripsi riil, jika kita sekarang tingkat 2, berapa nama dosen tingkat 1 kita yang kita ingat? Pernahkah kita silaturahim ke rumah dosen? Sudah pernahkah kita mencium tangan beliau? Ah, jangankan seperti itu. Untuk berhenti membicarakan dosen2 kita saja susah. eh, dosen A killer banget, dosen B ngasih nilai pukul rata, dosen C ngoreksi ujian pake penggaris, bla bla. Belum lagi keluhan2 kita ketika setiap saat jadwal berubah, dosen tidak bisa datang, atau malah karena dosen on time.

Mereka dosen, kawan -bukan lembaga ikatan dinas- sehingga hubungan bisa berakhir setelah ikatan dinas selesai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s