Wong Ndeso (kaping pisan)

Sehari, dua hari, tiga hari saya lalui di kampung, ya kampung dalam arti sebenarnya. Tidak perlu malu karena saya tahu banyak mahasiswa STAN yang berasal dari kampung juga (kecuali yang tidak). Ya, dan beberapa hari ke depan saya akan banyak menulis tentang kampung saya.
Secara geografis, letak desa saya cukup jauh dari ibukota kabupaten, Ponorogo, sekitar 30 km. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan desa saya yang jauh dari akses teknologi. Di lihat dari hal tersebut, apa yang tergambar di benak teman-teman mengenai masyarakatnya? Betul. Ndeso. Seperti Saya..hhe.

Saya ingat, ketika itu saya berkunjung ke kerabat yg (maaf), tempatnya lebih ndeso. Kerabat tersebut punya anak yg usianya sekitar 7 tahunan. Ketika mau saya ajak main, e dia malah lari bersembunyi di balik lengan ibunya dan mengintip malu-malu. “Lho pye to? ki lo ana mbak tri, sing sekolahe neng kutho jakarta kae.. kok malah ndelik”. waduh, saya tidak tahu bagaimana gambaran saya di benak adik tadi. Sehebat apakah wong (saka) kutha dalam bayangannya sehingga ia begitu malu bermain dengan wong (saka) kutha? Dek dek.. mbak kan aslinya juga ndeso dan sekarang juga masih, ndeso.

Jangan heran, di zaman sekarang masih banyak anak-anak yang sama sekali belum tersentuh hiruk pikuk modernisasi zaman. Bahkan orangtuapun seakan tak acuh. Di masyarakat saya saja, masih banyak orangtua yang tidak peka akan tuntutan zaman dan masih cenderung konservatif dalam mendidik anak-anaknya. Anak-anak diajari dan dibentuk sesuai harapan orangtuanya. Anak yang baik adalah jika duduk tangannya selalu ngapurancang dan jika di perintah orangtua, sendiko dhawuh.. Hal-hal yang diluar harapan dianggap penyimpangan dalam konteks budaya setempat. Katakanlah ketika orangtua memarahi anaknya karena “dianggap” bersalah dan anak itu membantah, maka dianggap tidak sopan tanpa mengizinkan si anak membela diri. “Di kandhani wong tuwa ki ra entuk njawab”. Ah, bagaimana sikap kritis bisa tumbuh…
Wong ndeso.. Wong ndeso..

Leave a Reply

